Subsidi tepat Pertamina di Pulau Sumba Disosialisasikan Transaksi BBM Subsidi Via MyPertamina

Subsidi tepat Pertamina di Pulau Sumba Disosialisasikan Transaksi BBM Subsidi Via MyPertamina - Dalam mewujudkan 'Subsidi tepat Pertamina ', Pertamina Sosialisasikan Transaksi BBM Subsidi Tepat Via MyPertamina di Pulau Sumba

PT Pertamina Persero melakukan sosialisasi transaksi BBM subsidi tepat via MyPertamina.


Sosialisasi dilaksanakan di Walakiri Hall, Hotel Kambaniru - Waingapu Sumba Timur, Senin 29 Agustus 2022 pagi. 

SOSIALISASI - Suasana sosialisasi transaksi BBM subsidi tepat via MyPertamina di Walakiri Hall, Hotel Kambaniru - Waingapu Sumba Timur, Senin 29 Agustus 2022 pagi.


Sosialisasi terkait transaksi BBM menggunakan aplikasi itu disampaikan Tim Pertamina Persero yang terdiri dari Sales Branch Manajer Pertamina NTT, Muhammad Hardiansyah Putra, Manejer Pertamina FT Waingapu dan Dedi Sulistyo Wododo.


Mereka didampingi, Supervisor FT Waingapu Juan, Cheker sbm IV NTT, Muhammad Fahrizal dan Cheker Fuel Gas SBM IV NTT Ardy Naben. 


Sosialisasi 'Subsidi tepat Pertamina' diikuti oleh perwakilan perangkat daerah dari empat Kabupaten di Pulau Sumba, baik Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat serta Sumba Barat Daya. Hadir Plt Sekda Sumba Timur Umbu Ngadu Ndamu. 


Dalam penyampaiannya, Hardiansyah menyebut bahwa program penggunaan aplikasi MyPertamina dilakukan untuk memastikan transaksi BBM Subsidi tepat sasaran bagi masyarakat. 


Masyarakat diwajibkan mendaftar pada aplikasi MyPertamina agar akaes distribusi BBM Bersubsidi dapat dilaksanakan via barcode. 


Penerapan program tersebut direncanakan akan mulai diberlakukan pada 1 September 2022. Pelaksanaan awal akan diberlakukan untuk pengguna kendaraan roda empat. 


Hardiansyah mengatakan, pihaknya telah mulai melakukan sosialisasi melalui SPBU pada awal Agustus 2022 lalu. Awalnya, dia mengakui, program tersebut akan sedianya dijalankan pada 1 Oktober 2022 mendatang. 


"Di SPBU sudah kami sosialisasi sejak awal Agustus. Awalnya akan dijalankan 1 Oktober, namun satu minggu yang lalu ada perubahan kebijakan dari pusat supaya dijalankan pada 1 September. Memang waktu mepet untuk dijalankan September ini," ujar Hendry. 


Ia mengaku, pihak Pertamina harus menyesuaikan kebijakan pemerintah pusat termasuk penerapan di Pulau Sumba dan harus mempersiapkan diri untuk menjalankan program tersebut. 


"Ini kita maksudkan supaya  konsumen penggunaan subsidi tercatat dengan baik. Karena selama ini hanya menggunakan catatan nomor kendaraan," ujar dia. 


Pemerintah Sumba Timur mengapresiasi program tersebut. 


Plt Sekda Sumba Timur Umbu Ngadu Ndamu menyebut bahwa pemerintah berharap penggunaan aplikasi dapat mengurai penyelewengan atau penyalahgunaan subsidi BBM. 


Ngadu Ndamu mengaku, waktu sosialisasi dan penerapan program tersebut tergolong mepet.


Namun demikian, pemerintah akan mendukung dengan seluruh instrumen baik di level kabupaten hingga Desa untuk melakukan sosialisasi penerapan program. 


Kabag Ekonomi Setda Sumba Timur, Arifin Abbas menyebut, berdasarkan pengawasan lapangan, tidak ditemukan persoalan terkait kuota BBM dari Pertamina. Meski demikian, persoalan yang timbul di lapangan justru terjadi saat distribusi. 


Pihaknya mendapati ada banyak kasus dimana satu rekomendasi BBM Bersubsidi dimanfaatkan banyak orang. Selain itu, ada pengecer dari luar kabupaten yang membeli BBM Bersubsidi di Waingapu untuk diedarkan kembali. 


"Ini gambaran pelaksanaan, supaya kita bisa menertibkan distribusi BBM Bersubsidi supaya tepat sasaran," ujar Arifin. 


Selain itu, pemerintah daerah, kata Arifin, juga mengharapkan Pertamina supaya memperketat pengawasan terhadap distribusi BBM Bersubsidi di SPBU. "Kadang di SPBU tidak tahu dan tidak mau tahu, itu yang kita harapkan supaya pertamina juga bisa melakukan pengawasan langsung," pungkas dia. (Ian) 


Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Pertamina Sosialisasikan Transaksi BBM Subsidi Tepat Via MyPertamina di Pulau Sumba , https://kupang.tribunnews.com/2022/08/29/pertamina-sosialisasikan-transaksi-bbm-subsidi-tepat-via-mypertamina-di-pulau-sumba?page=all.



Mau donasi lewat mana?

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© TRENDING NEWS. All rights reserved. Developed by Saifullah.id